Ini Waktu Yang Tepat Membeli Saham

Saat seorang investor berinvestasi di pasar modal tentu hal pertama yang diicar adalah bonus atau keuntungan bukan? Membeli saham tentu akan memberikan peluang mendapatkan laba/keuntungan yang dapat kita nikmati sebagai investor. Lalu kapan waktu terbaik membeli saham?

Investors ingin mendapat bonus yang sangat besar, bukan? Menjelang akhir tahun, manajer investasi akan merubah komposisi portfolio dana kelolaan mereka, mereka akan menjual saham-saham yang sedang dalam kondisi merugi, dan menggantinya dengan saham-saham lain yang berpotensi naik dalam waktu dekat atau mungkin yang akan membagikan dividen sebagai insentif.

Kondisi ini membuat manajer investasi melakukan momentum window dressing atau saat dimana dana kelolaan yang besar ini yang dirombak oleh manajer investasi sedemikian rupa akan menggerakkan pasar yang menyebabkan frekuensi perdagangan lebih ramai daripada biasanya. Kondisi ini harus bisa dimanfaatkan untuk membeli saham yang memiliki potential return dan menawarkan imbal hasil yang besar dalam jangka pendek.

Momen inilah yang biasanya ditunggu oleh investor saat mereka ingin menata ulang kompisisi mereka. Investor bisa memanfaatkan momentum ini untuk mulai membeli saham yang kira-kira akan menawarkan imbal hasil yang baik dalam jangka pendek.

Oleh sebab itu banyak analisa yang menyebutkan waktu terbaik untuk membeli saham adalah antara bulan November dan April. Karena pada bulan-bulan tersebut, para market maker mulai mengakumulasi saham-saham bagus demi mengisi portfolio mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *