Review Anggaran Saat Akhir Bulan, Perlukah?

Ngomong-ngomong kok sekarang sudah akhir bulan lagi ya? Waktu emang gak berasa banget, baru saja ngerasain awal bulan, kok sekarang udah dipenghujung bulan Oktober lagi aja? Ada yang ngerasain kayak gini gak?

Soal akhir bulan nih, pasti erat kaitannya dengan masalah anggaran yang semakin menipis atau bahkan nyaris habis, biasanya sering dialami oleh pegawai atau karyawan. Seseorang yang telah memiliki pemasukan/pendapatan tetap penting untuk melakukan review anggaran atau meninjau kembali pengeluaran selama satu bulan kebelakang.

Buat apa sih? Gunanya untuk mengatur cashflow/arus kas apakah pemasukan sudah lebih besar dari pengeluaran atau belum. Terus manfaat review anggaran untuk mengetahui pengeluaran mana yang over budget dan memisahkan anggaran mana yang bisa dihemat dan mana yang bisa ditambah.

Bila review anggaran tak pernah dilakukan, kecil kemungkinan kamu akan mapan secara finansial, kerugian lain yang ditimbulkan adalah kemungkinan kecil untuk menyisihkan anggaran untuk menabung. Nah kalau sudah paham gimana review bulan ini? Semoga kondisi keunanganmu dalam kondisi yang baik-baik saja ya. Selalu ingat pesan bapak investor sukses Warren Buffett “Rule number one: Dont lose money, Rule number two: Dont forget rule number one”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *