Lockdown Bukan Solusi?

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menilai Pemerintah perlu mempertimbangkan opsi lockdown sebagai upaya antisipasi meluasnya virus corona di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, mantan wakil presiden petahan itu rupanya berkaca pada negara Cina yang telah melakukan hal serupa untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Setelah Cina, Italia diketahui mengikuti jejak Negeri Tirai Bambu itu untuk me-lockdown negaranya karena kasus virus corona yang semakin meningkat.

Sejumlah negara telah melakukan aksi menutup akses masuk dan keluar seperti Korea Selatan, Amerika Serikat dan Arab Saudi juga telah melakukan upaya larangan masuk bagi masyarakat di luar wilayahnya demi menekan penyebaran Covid-19.

Tapi ancaman terbesar sebenernya local transmission yang menyebar tak terdeteksi. Kecepatan dan jumlah tes yg sangat minim juga masih menjadi masalah.

Cina sendiri rupaya masih mau ekspor ke beberapa negara, sebaliknya kalau Indonesia lockdown bisa jadi impor ikut kena imbasnya. Khususnya industri UMKM, contoh saja yang sederhana cup gelas, botol, dan tutup air mineral, semua bahan baku impor dari negara tirai bambu.

Hal ini yang menyebabkan pabean/pihak ekspedisi yg otomatis menghambat produksi yang berimbas pada stabilitas ekonomi di seluruh dunia

Nah, jika Indonesia menerapkan hal yang sama, bagaimana imbasnya terhadap perekonomian negara?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *