Matematika Nilai Perusahaan: Kali 2 Jadi 3x

Perbincangan hari itu semakin seru ketika kami berdiskusi tentang Nilai Perusahaan. Sebut saja bapak Hasan (bukan nama asli) sudah menekuni bidang bisnis sangat lama, beragam sektor terkait real estat sudah berjalan, baik developer, hotel dan waterpark.

Saat itu saya simulasikan misalnya nilai buku perusahaannya yang terdiri dari modal disetor dan laba ditahan (yang dibagikan dan disetor ulang) adalah 20 milyar.

Saya set angka nominal di Rp 50 per lembar yang akan tertulis di akta perusahaan. Berarti bapak hasan menggenggam 400 juta lembar. Angka ini berasal dari Rp 20 milyar dibagi Rp 50.

Ketika go publik, bapak hasan berencana melepas saham baru sebanyak misalnya saja 200 juta lembar yang setara 33.33% (200 juta dibagi 600 juta -> 600 juta didapat dari 400 juta ditambah 200 juta. Artinya 66.67% masih milik bapak hasan.

Ketika perusahaan bapak hasan go publik dengan nilai pasar paling minimum hanya Rp 100 per lembar saham (premium faktor hanya 2 kali dari nilai nominal Rp 50 per lembar) maka bapak hasan akan mendapat dana IPO sebesar Rp 20M (Rp 100 per lembar dikali 200 juta lembar) dan bapak hasan masih memiliki sisa 66.67% atau sebanyak 400 juta lembar sahamnya.

Berapa nilai pasar perusahaan secara total?

bisa dijawab Rp 60 milyar. Berasal dari 600 juta lembar dikali harga pasar Rp 100 per lembar. Dimana 33.33% milik publik dan bapak hasan 66.67%.

Namun, yang ingin saya garis bawahi. Meskipun Faktor premium hanya 2 kali dari nominal, namun nilai pasar naik 3 kali dari nilai buku. Untuk kasus bapak hasan, dari Rp 20 milyar menjadi Rp 60 milyar.

Bayangkan jika perusahaan mampu meyakinkan dengan potensi masa depannya sehingga faktor premium bisa dihargai investor lebih dari 2 kali maka betapa besar kenaikan nilai pasar perusahaan terhadap nilai bukunya.

Bagi pemegang saham, jelas value perusahaan jadi naik. Keuntungan besar bagi para pemegang saham ketika perusahaan memutuskan Go Publik di pasar modal.

#IPO #GoPublic #PasarModal #HRNotes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *