Peluang DIRE

DIRE (Dana Investasi Real Estate) merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat, yang selanjutnya diinvestasikan pada aset real estat, aset yang berkaitan dengan Real Estat dan atau kas dan setara kas.

DIRE berinvestasi pada:

1. Aset Real Estat (tanah secara fisik dan bangunan yang ada di atasnya) paling kurang 50% dari Nilai Aktiva Bersih (NAB);

2. Aset Real Estat dan Aset yang berkaitan dengan Real Estat di wilayah Indonesia (Efek Perusahaan Real Estat yang tercatat di Bursa Efek dan atau diterbitkan oleh Perusahan Real Estat) paling kurang 80% dari NAB dengan ketentuan investasi pada Aset Real Estat paling kurang 50% dari NAB; dan/ atau

3. Kas dan setara kas tidak lebih dari 20% NAB.

DIRE dilarang berinvestasi pada:
a. tanah kosong; atau
b. properti yang masih dalam tahap pembangunan (tidak termasuk dekorasi ulang, perbaikan (retrofitting) dan renovasi).

DIRE dapat melakukan Penawaran Umum atau tidak melakukan Penawaran Umum atas Unit Penyertaannya. DIRE dapat mencatatkan Unit Penyertaannya di Bursa Efek.

Dari penjelasan tentang DIRE di atas ada peluang dari sisi pemilik aset (sebagai seller) dan investor/pemodal (sebagai buyer), yaitu:

Jika ada pemilik aset dengan nilai besar tapi kesulitan mencari buyer, maka asetnya bisa di-DIRE-kan asal asetnya produktif dan memiliki pendapatan.

Bagi investor/pemodal ritel bisa patungan melalui skema KIK (Kontrak Investasi Kolektif) yang dikordinir oleh Manajer Investasi. Sehingga duit recehan bisa ikut investasi. Yieldnya juga bisa lebih besar dari Deposito.

Seperti contoh Hotel Padjajaran Suites Bogor yang baru saja di-DIRE-kan dan pembeli hotel atau investornya 90% anggota koperasi di Bogor, dimana unit penyertaan untuk investasi produk DIRE ini mulai hanya Rp 10.000 per 1 lot unit penyertaan. Dengan uang sebesar ini sudah bisa jadi pemilik hotel ini. Yield yang ditawarkan hingga 9.01% per tahun nett dan bebas pajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *