Kenapa Saat Berinvestasi di Reksa Ada Manajer Investasi? Apa Fungsinya?

Jika kamu pernah berinvestasi khususnya reksa dana, pasti pernah terbersit dalam pikiran kamu tentang manajer investasi, kan? Lalu sebenarnya apa itu manajer investasi? Terus apa sih fungsinya? Pada awalnya kamu akan berpikir manajer investasi adalah orang yang mengelola dana kamu bukan?

Pada dasarnya manajemen investasi adalah manajemen profesional yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.

Lalu bagaimana manajemen invetasi mengelola dana investasi investor? Ketika kamu menempatkan uang di produk yang dikelola oleh manajer investasi, maka kamu sebenarnya menitipkan uang untuk dikeola sesuai dengan ketentuan karakteristik produk yang dipilih agar bertumbuh dari nilai awalnya. Manajer investasi akan mengelola dana sebagai aset, dan mereka wajib mengembalikannya sesuai ketetapan yang berlaku.

Dengan kata lain, manajer investasi berupaya memberikan imbal hasil yang diharapkan sesuatu dengan tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu pentingkah peran manajer investasi? Manajer investasi bisa diibaratkan dengan dokter, dan investor adalah pasiennya, untuk sembuh kamu perlu resep obat yang manjur dari dokter. Ini semua kembali kepada kamu. Pastikan kamu memilih manajer investasi yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *