Diperebutkan Sekuritas

Di suatu waktu, owner sebuah perusahaan yang juga calon emiten, ditelp seorang direktur bank tempatnya menyimpan dana untuk dikenalkan dengan sebuah perusahaan sekuritas. Direktur bank ini tahu rencana perusahaan untuk go publik.

Esok sorenya, datanglah perusahaan sekuritas ke perusahaan calon emiten tsb. Dan yang datang tidak tanggung2, presdirnya langsung. Dan yang datang juga dari dua perusahaan sekuritas yang diwakili oleh para presdirnya. Dua perusahaan ini acapkali kerja bareng sebagai penjamin emisi ketika ada calon emiten baru yang mau go publik.

Saat bersamaan, prospektus calon emiten sedang disubmit ke perusahaan sekuritas lain yang lebih besar ukurannya daripada dua perusahaan sekuritas yang datang ke kantor calon emiten tsb.

Saat itulah kita tahu, si calon emiten sedang diperebutkan oleh para sekuritas agar mau memakai jasa mereka. Mereka juga mau mencari klien baru. Dan kita juga jadi tahu, bisnis calon emiten ini menarik bagi si sekuritas.

Dan lagi, pembeli siaga saham IPO calon emiten ini juga sudah ready. Sehingga sekuritas hanya menjalankan tugas administrasi penjaminan emisi, bukan mencari buyer saham IPO nya. Stempel dan lisensi mereka yang membuat mereka diperlukan dan itulah ongkos mahal jasa mereka.

#IPO #GoPublic #PasarModal #HRNotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *