IPO untuk Berubah Haluan: Tradisional ke Digital

Cerita besar yang dibangun saat IPO perseroan ini adalah ingin menjadi penyedia platform digital sumber daya manusia, melalui aplikasi HR-ku dan Bilik Kerja. Platform yang disediakan oleh perseroan dapat memudahkan proses pengambilan keputusan yang terkait dengan administrasi dan Human Resource.

Perseroan juga menyediakan layanan jasa digital melaui anak usahanya PT Bilik Sinergi Indonesia, berbentuk Aplikasi yang bernama Bilik Kerja yang dapat mempertemukan antara penyedia kerja dan pencari kerja, baik dari jenis pekerjaan, jam pekerjaan, maupun lokasi kerja. Dengan pengunaan aplikasi ini, penyedia kerja dapat lebih mudah untuk melakukan proses perekrutan karyawan sembari mempertahankan efisiensi kerja.

Sedangkan melalui anak usahanya, PT Emitama Wahana Mandiri, Perseroan memberikan jasa pengelolaan dan penyedia tenaga kerja kepada perusahaan – perusahaan yang memerlukan sumber daya manusia.

Namun cerita besar ini adalah cerita masa depan. Saat ini bisnis yang sudah berjalan dan kontribusi 99% lebih terhadap pendapatan perseroan adalah dari bisnis distribusi produk telekomunikasi, Indosat, yaitu distributor untuk daerah Banten dan Jawa Tengah.

Perseroan percaya diri untuk go publik melepas 25% sahamnya, dengan harga di Rp 170-210 per lembar saham sehingga perseroan bisa mendapat dana IPO sebesar Rp Rp70,5 miliar – Rp87 miliar. Dimana rencana penggunaan dana adalah untuk modal kerja sebesar 70%, belanja modal sebesar 25%, dan sisanya 5% akan diarahkan untuk investasi dalam sumber daya manusia.

Perseroan menargetkan 25% belanja modal tersebut digunakan untuk meningkatkan software dan hardware aplikasi, yaitu HR-KU dan Bilik Kerja. Sementara, sisa 5% difokuskan untuk rekrutmen internal perusahaan.

Penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dilaksanakan pada 9 hingga 11 September mendatang. Dan rencana listing di Bursa pada tanggal 16 september.

Perseroan ini adalah anak usaha MCAS (pemegang saham 58.58% saham di perseroan ini) yang sudah berhasil listing di bursa 2 tahun silam dengan meraih Rp 300 milyar. Kini satu-satu anak usaha MCAS di go publik-kan mengikuti jejak orang tuanya.

#IPO #GoPublic #PasarModal #HRNotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *