Agglomerasi IPO

Bila diterjemahkan bebas artinya IPO Berjamaah. Bila tidak mampu sendirian untuk go publik karena merasa masih kekecilan, maka kenapa tidak berjamaah?

Bersama-sama untuk go publik bareng-bareng sehingga ukuran perusahaan lebih besar dan mengakses pasar modal melalui IPO bisa dilakukan.

Buku kuning ini menceritakan kisah nyata Jeremy dan Callum membawa perusahaan barunya dari ide untuk menggabungkan beberapa perusahaan agensi marketing digital menjadi satu entitas Marketing Group Plc.

Pada awalnya isinya adalah gabungan 4 perusahaan agensi yang diwadahi untuk bersama IPO di pasar modal Nasdaq OMX yang fokus pada pasar Nordic, yaitu swedia, norwegia, denmark dan finlandia.

Dan ini dilakukan hanya dalam 1 tahun, dari kurun waktu juni 2015 ke juni 2016 ketika go publik di Nasdaq OMX.

Terdapat plus minus strategi “IPO berjamaah” ini. Plusnya skala perusahaan langsung lebih besar dan memiliki nilai lebih tinggi ketika di go publik-kan.

Minusnya adalah kerelaan menurunkan ego sesama owner perusahaan yang bergabung untuk saling percaya satu sama lain dan kerelaan melepaskan saham di perusahaan yang didirikan untuk diswap ke perusahaan induk yang akan digo-publikkan bersama perusahaan-perusahaan orang lain.

#IPO #GoPublic #PasarModal #HRNotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *